Marketing adalah
dari kata market yang artinya pasar. Pasar disini bukan dalam pengertian konkrit tetapi lebih di tunjukkan pada
pengertiaan abstrak. Marketing dapat di definisikan ”semua kegiatan yang
bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan
permintaan efektif”.
Pemasaran (marketing) memiliki definisi secara sosial maupun secara manajerial.
Secara sosial, pemasaran merupakan proses sosial yang melibatkan individu
maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang
bernilai dengan
pihak lain. Sedangkan dari sudut pandang manajerial pemasaran sering digambarkan sebagai ”seni menjual produk” tetapi penjualan bukan merupakann bagian yang paling
penting dari pemasaran (Kotler
dan Keller,2008).
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok mendapat kebutuhan dan keinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
Definisi ini berdasarkan pada konsep inti : kebutuhan, keinginan dan
permintaan; produk nilai biaya dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan
hubungan; pasar dan pemasaran serta pemasar.
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang
dilakukan oleh pedagang dalam usahanya mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Berhasil tidaknya pemasaran
dalam mencapai tujuan bisnis tergantung pada keahlian mereka di bidang
pemasaran, produksi, keuangan, maupun bidang lainnya. Seperti yang dirumuskan
para ahli pemasaran sebagai berikut, pemasaran adalah suatu sistim keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan
baik yang ada maupun pembeli potensial.
Penafsiran yang sempit tentang pemasaran ini terlihat
pula dari definisi american assosition
1960, yang menyatakan pemasaran adalah hasil presentasi kerja kegiatan usaha
yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Disamping penafsiran terdapat pula pandangan yang luas yang menyatakan
pemasaran merupakan proses kegiatan yang mulai dari jauh sebelum barang-barang
atau bahan-bahan masuk dalam proses produksi.
Menurut Kotler dan Amstrong pemasaran adalah suatu proses
dimana individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan
pertukaran barang dan nilai dagangan yang lainnya.
Jadi, definisi pemasaran
adalah semua keinginan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhkan dan
keinginan melalui proses pertukaran. Proses pertukaran melibatkan kerja,
penjual harus mencari pembeli, menemukan dan memenuhi kebutuhan mereka,
merancang produksi yang tepat, menentukan harga yang tepat, menyimpan dan mengangkutnya,
mempromosikan produk tersebut, menegosiasikan dan sebagainya, semua kegiatan
ini merupakan nilai dari pemasaran.
mungkin itu aja yang bisa penulis sharing gan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan lupa komentar yang membangun yah . makasih