Menurut Lazer (1999:16): ”Marketing mix is the mix of choises in each of the pour primary decision areas
that lie at the core of a hospitality marketing system. There are the
product/service specification (including location), pricing, network
partnership, and promotion”.
Pernyataan di atas dapat
diartikan bahwa bauran pemasaran adalah bauran dari beberapa pilihan atas empat
area hal pokok yang ada pada inti dari sistem pemasaran hotel. Yang terdiri dari produk/spesifikasi
pelayanan (termasuk pelayanan), harga, saluran distribusi, dan promosi.
Sedangkan menurut Swastha (1999:42): ”Marketing Mix adalah kombinasi dari
empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran
perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem
distribusi”.
Dari beberapa pendapat para pakar di atas dapat
disimpulkan bahwa pengertian bauran pemasaran merupakan bagian dari pemasaran
guna mencapai sasaran pasar yang dituju, adapun bagian-bagiannya, yaitu produk, harga, saluran distribusi, dan
promosi.
Dari kutipan di atas dapat diartikan bahwa bauran
pemasaran terdiri dari empat komponen, yaitu:
a. Produk
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau
kebutuhan. Segala sesuatu yang termasuk di dalamnya adalah barang berwujud,
jasa, event, tempat, organisasi, ide ataupun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan. Produk menurut Kotler dan
Amstrong (1996:274) adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli,
dipergunakan yang
dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Menurut stanton, (1996:2220) adalah kumpulan dari atribut-atribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna, harga, kualitas dan merek, ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya. Menurut Tjiptono (1999:95) secara konseptual produk adalah pemahaman subjektif dari
produsen atas sesuatu yang
bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai
dengan kompetensi dan
kapasitas organisasi serta daya beli.
b. Harga
Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu
produk atau jasa atau sejumlah nilai yang ditukar konsumen atas manfaat–manfaat
karena memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa (Kotler and
Amstrong, 2001). Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan
suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan
diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang
atau jasa.
c.
Promosi
Menurut menurut Axler (1979:109): ”Promotion is essentially a kind of communication a transfer of
information from an operation to its custumers,
guests, or client”.
Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa promosi adalah
salah satu jenis komunikasi atau penyampaian informasi dari suatu perusahaan
kepada pelanggannya.
Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa promosi adalah
sebuah program dari metode-metode komunikasi dan alat-alat yang teritegrasi dan
kontrol yang dibuat untuk memperkenalkan suatu perusahaan beserta produknya
kepada konsumen yang potensial untuk mengkomunikasikan kemampuan produk dalam
memuaskan kebutuhan serta menciptakan penjualan dan keuntungan jangka panjang.
Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa kegiatan promosi merupakan kegiatan untuk memperkenalkan perusahaan dan
produknya kepada konsumen sehingga diharapkan mampu mempengaruhi konsumen dan
menimbulkan permintaan yang berkesinambungan dalam proses pertukaran dan dapat
memberikan keuntungan kepada perusahaan..
d. Lokasi (Place)
Place diartikan sebagai
distribusi. Distribusi adalah bagaimana produk dapat sampai pada pengguna
akhir, yang dalam hal ini adalah pelanggan dengan biaya yang seminimal mungkin
tanpa mengurangi kepuasan pelanggan dan apa pengaruhnya pada keseimbangan
keuangan perusahaan.
Place juga
dapat diartikan sebagai pemilihan tempat atau lokasi usaha. Perencanaan
pemilihan lokasi yang baik, tidak hanya berdasar pada istilah strategis, dalam
artian memandang pada jauh dekatnya pada pusat kota atau mudah tidaknya akomodasi
menuju tempat tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan lupa komentar yang membangun yah . makasih