Minggu, 22 Februari 2015

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Menurut Lazer (1999:16): Marketing mix is the mix of choises in each of the pour primary decision areas that lie at the core of a hospitality marketing system. There are the product/service specification (including location), pricing, network partnership, and promotion”.
Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran adalah bauran dari beberapa pilihan atas empat area hal pokok yang ada pada inti dari sistem pemasaran hotel. Yang terdiri dari produk/spesifikasi pelayanan (termasuk pelayanan), harga, saluran distribusi, dan promosi.
Sedangkan menurut Swastha (1999:42): ”Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi”.
Dari beberapa pendapat para pakar di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian bauran pemasaran merupakan bagian dari pemasaran guna mencapai sasaran pasar yang dituju, adapun bagian-bagiannya, yaitu produk, harga, saluran distribusi, dan promosi.
Dari kutipan di atas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran terdiri dari empat komponen, yaitu:
a. Produk
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Segala sesuatu yang termasuk di dalamnya adalah barang berwujud, jasa, event, tempat, organisasi, ide ataupun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan. Produk menurut Kotler dan Amstrong (1996:274) adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Menurut stanton, (1996:2220) adalah kumpulan dari atribut-atribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna, harga, kualitas dan merek, ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya. Menurut Tjiptono (1999:95) secara konseptual produk adalah pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli.
b. Harga
Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau sejumlah nilai yang ditukar konsumen atas manfaat–manfaat karena memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa (Kotler and Amstrong, 2001). Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang atau jasa.
c.         Promosi
Menurut menurut Axler (1979:109): ”Promotion is essentially a kind of communication a transfer of information from an operation to its custumers, guests, or client”.
Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa promosi adalah salah satu jenis komunikasi atau penyampaian informasi dari suatu perusahaan kepada pelanggannya.
Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa promosi adalah sebuah program dari metode-metode komunikasi dan alat-alat yang teritegrasi dan kontrol yang dibuat untuk memperkenalkan suatu perusahaan beserta produknya kepada konsumen yang potensial untuk mengkomunikasikan kemampuan produk dalam memuaskan kebutuhan serta menciptakan penjualan dan keuntungan jangka panjang.
Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi merupakan kegiatan untuk memperkenalkan perusahaan dan produknya kepada konsumen sehingga diharapkan mampu mempengaruhi konsumen dan menimbulkan permintaan yang berkesinambungan dalam proses pertukaran dan dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan..
d. Lokasi (Place)
Place diartikan sebagai distribusi. Distribusi adalah bagaimana produk dapat sampai pada pengguna akhir, yang dalam hal ini adalah pelanggan dengan biaya yang seminimal mungkin tanpa mengurangi kepuasan pelanggan dan apa pengaruhnya pada keseimbangan keuangan perusahaan.

Place juga dapat diartikan sebagai pemilihan tempat atau lokasi usaha. Perencanaan pemilihan lokasi yang baik, tidak hanya berdasar pada istilah strategis, dalam artian memandang pada jauh dekatnya pada pusat kota atau mudah tidaknya akomodasi menuju tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar yang membangun yah . makasih